Nomor Atau Ukuran Laher Roda Depan dan Belakang Untuk Semua Jenis - PT Honda Astra Motor

 Bearing atau laher  merupakan bagian yang sangat penting bagi kendraan, menggunakan laher tidak bisa sembarangan menggunkan karena laher mempunya ukuran diameter yang harus di sesuaikan dengan tempat dimna kita memakai laher, sedikit saja ada perbedaan maka sudah pasti laher tidak bisa digunkan. Laher mempunya serinya masing-masing di setiap nomor laher, contoh seperti diameter dalam, diameter luar dan diameter tebal. Laher mempunya berbagai macam seri laher contohnya 690, 6000, 6200, 6300 dan masih banyak yang lain, disetiap seri laher sudah pasti beda diameter laher.


 Menggunakan atau mengganti laher alangkah baiknya kita harus mengatahui dahulu nomor laher bawaan pabrikan kendraan, di setiap jenis laher pasti terdapat nomor laher, dengan ada nomor laher cukup mudah untuk kita  membeli atau mengganti laher yang baru. Misalnya seperti laher roda motor, kita tidak boleh asal pasang laher baru karna bila kita salah dalam memilih nomor laher sangat fatal dampaknya.


 Belajar dari pengalaman yang kami dapatkan sebagai mekanik otomotif dan part otomotif kami coba bagikan info tentang nomor-nomor laher roda depan kusus untuk pemakaian motor jenis Honda.


 Laher depan Honda  Jenis bebek :



Diba otomotif



Honda C70 > Depan 6301 2rs


Honda Supra 100 > Depan 6301 2rs


Honda Supra fit > Depan 6301 2rs


Honda Legenda>  Depan 6301 2rs


Honda Grand > Depan 6301 2rs


Honda Win 100 > Depan 6301 2rs


Honda Supra X 125 > Depan 6301 2rs


Honda karisma > Depan 6301 2rs


Honda Rovo 100 > Depan 6301 2rs


Honda revo 110 > Depan 6301 2rs


Honda Eevo FI > Depan 6301 2rs


Honda Blade 110 > Depan 6301 2rs


Honda blade 125 > Depan 6301 2rs



Tipe Honda Metik :


Diba otomotif


Honda Beat karbu > Depan 6201 2RS


Honda Beat FI > Depan 6201 2RS


Honda Beat ESP > Depan 6201 2RS


Honda Scoopy FI > Depan 6201 2RS


Honda scoopy ESP > Depan 6201 2RS


Honda scoopy Karbu > Depan 6201 2RS


Honda Scoopy FI > Depan 6201 2RS


Honda Vario 110 Krbu > Depan 6201 2RS


Honda Vario 110 FI LEED > Depan 6201 2RS


Honda Vario 125 > Depan 6201 2RS


Honda Vario 150 > Depan 6201 2RS



Tipe  Honda Sport :


Diba otomotif


Honda GL > Depan 6301 2RS


Honda GL125 > Depan 6301 2RS


Honda GL MAX  > Depan 6301 2RS


Honda GL Neotech > Depan 6301 2RS


Honda Megapro Primus > Depan 6301 2RS


Honda Tiger > Depan 6301 2RS


Honda New Megapro > Depan 6301 2RS


Honda Verza > Depan 6301 2RS


Honda CB 150R > Depan 6301 2RS


Honda CBR150 thailand > Depan 6301 2RS


Honda CBR150 lokal > Depan 6301 2RS





 Ukuran Bearing Roda Belakang Sepeda Motor Honda



Diba Otomotif



TYPE MOTOR <> KODE BEARING


Honda C7 <> 6301 2RS/LLU


Honda C700 <> 6301 2RS/LLU


Honda C800 <> 6301 2RS/LLU


Honda Astrea Star <> 6301 2RS/LLU


Honda Astrea Prima <> 6301 2RS/LLU


Honda Astrea Grand <> 6301 2RS/LLU


Honda Legenda <> 6301 2RS/LLU


Honda Supra Fit <> 6301 2RS/LLU


Honda Supra X <> 6301 2RS/LLU


Honda Supra X125 <> 6301 2RS/LLU


Honda Revo <> 6301 2RS/LLU


Honda Revo Absolute <> 6301 2RS/LLU


Honda Blade <> 6301 2RS/LLU


Honda Kirana <> 6301 2RS/LLU


Honda Karisma <> 6301 2RS/LLU


Honda Beat <> 6301 2RS/LLU


Honda Scoopy <> 6301 2RS/LLU


Honda Vario <> 6301 2RS/LLU


Honda Vario 125 <> 6301 2RS/LLU


Honda Sonic <> 6301 2RS/LLU


Honda Tiger 2000 <> 6301 2RS/LLU


Honda Win <> 6301 2RS/LLU


Honda CB 100 <> 6301 2RS/LLU


Honda CB 125 <> 6301 2RS/LLU


Honda GL Pro Neotech <> 6302 2RS/LLU


Honda GL 125 <> 6301 2RS/LLU


Honda GL Max <> 6302 2RS/LLU


Honda NSR 150 <> 6302 2RS/LLU


Honda CBR 250R <> 6203/6204 2RS/LLU




Ukuran Aki dan Jenis Jenis Aki Mobil

 Aki atau battery mobil memiliki berbagai ukuran dan jenis aki.


 CONTOH UKURAN AKI MOBIL MENURUT UKURAN AKI SEPERTI

  • TIPE (OLD JIS)

  • TIPE (NEW JIS)

  • AH DAN CCA


  • NS40 Ada 3 jenis


Aki ns40z

NS40 (32B20R) AH 32 / CCA 320

NS40Z (36B20R) AH 35  /CCA 320

NS40ZL (36B20L) AH 35 / CCA 320



  • NS60 Ada 3 Jenis

Diba otomotif


NS60 (55B24R) AH 45 / CCA 400

NS60L (55B24L) AH 45 / CCA 400

NS60LS (55B24LS) AH 45 / CCA 400



  • N50 Ada 3 Jenis

Diba otomotif


N50 (48D26R) AH 50 / CCA 420

N50Z (55D26R) AH 60 / CCA 480

N50ZL (55D26L) AH 60 / CCA 480



  • 55D23R

Diba otomotif


55D23R (55D23R) AH 60 / CCA 480

55D23L (55D23L) AH 60 / CCA 480



  • NS70 Ada 2 Jenis Aki

Diba otomotif


NS70 (65D26R) AH 68 / CCA 560

NS70L (65D26L) AH 68 / CCA 560



  • NX110 Ada 2 Jenis Aki

Diba otomotif

NX110-5 (80D26R) AH 70 / CCA 590

NX110-5L (80D26L) AH 70 / CCA 590



Diba otomotif



  • N70 Ada  3 Jenis Aki

N70 (65D31R) AH 70 / CCA 580

N70L (65D31L) AH 70 / CCA 580

N70Z (75D31R) AH 75 / CCA 600

N70ZL (75D31R) AH 75 / CCA600



  • N100 Ada 1 jenis

Diba otomotif


N100 (95E41R)  AH 100 / CCA 537



  • N120 Ada 1 Jenis


Diba otomotif


N120 (115F51) AH120 / CCA



TIPE AKI NS60, NS60L DAN NS60LS UNTUK PENGGUNAAN MOBIL

 AKI/BATERAI MOBIL ukuran NS60 ada tiga tipe aki,  NS60, NS60L dan NS60LS ketiga aki ini punya perbedaan di kepala aki. Kalau dilihat sekilas mempunya bentuk yang sama dan AM yang sama 12v 45Ah 46B24.

 Perbedaan aki NS60 (46B24R) kepala aki standar (-)(+) diameter kepala kecil, NS60L (46B24L) kepala aki (+)(-) diameter kepala kecil dan aki NS60LS (46B24LS) kepala aki (+)(-) diameter kepala besar. Disinilah perbedaan ketiga aki NS60, jadi bagi pembeli aki mobil sebelum membeli aki baru sebaiknya melihat aki bawaan mobil.

 Kesalahan membeli aki dapat membuat kita rugi dua kali, maka dari pengalaman ini saya coba mempelajari jenis aki dan dipakai untuk mobil apasaja.


NS60 UNTUK MOBIL 


Aki NS60


  • Daihatsu Taruna oxxy

  • Daihatsu Xenia 1.6

  • Mazda Vantrend Series

  • Mitsubishi Pajero (G)

  • Peugeot 206

  • Suzuki Swift (ST/GT)

  • Suzuki SX-4

  • Suzuki Cross Over

  • Suzuki New Baleno

  • Timur S-515 dan 515i



NS60L UNTUK MOBIL 


Aki NS60L


  • Datsun Go Series
  • Nisan Sunny
  • Nisan Neo Sunny
  • Nisan Sentra Livina
  • Nisan Grand Livina
  • Nisan Latio
  • Nisan March
  • Nisan Evalia
  • Suzuki Aerio AT
  • Suzuki Escudo 1995-2001
  • Toyota Voxy



NS60LS UNTUK MOBIL

  • Ford Link
  • Ford Laser New
  • Honda Accord All New
  • Honda Civic All New
  • Honda CRV
  • Honda HRV
  • Honda RR
  • Honda CR-Z
  • Honda Odyssey
  • Mazda 2 Hatchback
  • Mazda E-2000
  • Mazda Familia
  • Mazda Lantis
  • Mazda 2 Sedan
  • Mitsubishi Nww Galant
  • Mitsubishi Lancer
  • Mitaubishi New Lancer
  • Proton New Saga
  • Proton Savvy
  • Proton Waja
  • Toyota New Corolla Altis (J/G/V) 2010
  • Toyota Innova (J/E)
  • Toyota Limo New
  • Toyota Vios (E/G)
  • Toyota Yaris
  • Toyota Previa
  • Wuling Confero
  • Wuling Cortez
  • Wuling Formo
  • Wuling Baojun 310

PERBEDAAN OLI TMO ASLI DAN PALSU - Pt Toyota Astra Motor Indonesia

  OLI TMO (TOYOTA MOTOR OIL)


Tmo asli dan palsu


 oOi merek ini tidak asing lagi bagi pengguna mobil kusunya mobil toyota, oli tmo sangat dianjurkan untuk dipakai dimobil toyota karena oli ini sudah diuji kualitas sangat bagus bila dipergunkan untuk mobil toyota.


  Dengan permintaan dan penggunaan yang tinggi, membuat oli ini cukup laris dipasaran dan daya beli tinggi, mengacu dari sini maka timbul masalah seperti bumerang. Karna semakin banyak laku oli dipasaran maka semakin banyak pula orang yang ingin memperoleh keuntungan dengan cara apapun, termasuk dengan memproduksi oli paslu.


  Dipasaran sangat banyak beredar oli palsu kususnya oli tmo, ada yang menjual harga sedikit lebih murah dibandingkan dengan harga oli asli. Semua daerah ada penjual nakal yang menjual oli palsu jenis tmo, sebenarnya penjual oli palsu tidak banyak untung seperti distributor oli palsu yang memperoleh keuntungan berkali lipat. Kenapa penjual mau menjual oli palsu, karna distributor oli palsu rajin turun ke daerah-daerah untuk menjual oli palsu dibandingkan dengan distributor oli asli.


  Karna permintaan pasar banyak sama oli tmo ditambah potongan harga dan bisa beli nyicil atau hutang sama distributor oli palsu maka dari itu banyak yang menjual oli palsu di bandimgkan oli asli tmo. Distributor oli tmo asli jarang mau menjual oli tmo ke daerah-daerah maka darisini lah daiambil keuntungan oleh distribitor oli palau.


  Menurut pengalaman dilapangan, kalo distributor oli tmo asli rajin mendistribusikan oli tmo kepasar pasar mungkin perederan oli palsu akan berkurang.
Bagi pembeli oli tmo harus benar-benar jeli dalam membeli oli tmo, sebelum membeli kita harus tau dulu ciri-ciri tmo asli dan palsu.


  Disini saya coba bantu jelaskan cara cepat untuk membedakan oli tmo palsu dan asli :





 Beli oli TMO (Toyota Motor Oil) di bengkel resmi..

Kampas Kopling Mobil dan Jenis-jenis Kampas Kopling

Jenis kampas kopling


 KAMPAS KOPLING mobil terbagi dalam berbagai macam, jenis dan harga. Kampas kopling yang sering dipakai umum adalah kampas kopling 4 per. Kampas kopling 4 per terbagi lagi menjadi 2 jenis kampas kopling.
Pertama kampas kopling 4 per singgel per dan yang kedua kampas kopling 4 per dobel per atau dengan jumlah per 8, 4 per utama dan 4 per lapisan.


Perbandingan kampas kopling


 Kedua kampas ini sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kampas kopling 4 per singel per banyak digunkan karna punya kelebihan padasaat menekan pedal kopling lebih lembut terutama pada mobil pribadi makanya bawaan pabrikan semua menggunkan kampas kopling 4 per singgel per. Kekurangan kampas kopling 4 per singgel per terletak di per itu sendiri seperti per cepat kendor atau lembek, bahkan ada per yang lepas dari dudukan kopling. Makanya kalo kita mau mengganti kampas kopling yang 4 per harus menganti dengan merek yang berkualitas atau asli.

 Sedangkan untuk kampas 4 per dobel per mempunyai kelebihan daya tahan per yang lebih kuat dan kampas kopling ini dianjurkan dipakai untuk mobil angkutan berat dan sering melakukan perjalan jauh dan pergunungan. Kekurangan dari kampas kopling 4 per dobel per adalah pedal kopling lebih keras, ini yang membuat kampas kopling ini jarang dipakai dan kususnya untuk mobil pribadi.

 Kedua kampas kopling ini tergantung yang punya mobil, apakah mau menggunakan 4 per singgel atau  dobel per.
Perbedaan dan kegunaan dari kampas koplinh 4per sebagai berikut :





PERBEDAAN BEARING KOYO ASLI DAN PALSU

  BEARING ATAU LAHER 

pernahkah anda salah dalam membeli laher atau tertipu dengan laher palsu. Mungkin ini pernah kita alami kalo kita belum mengatahui tentang laher. Tidak mengerti ini mudah tertipu dengan laher palsu karna perbedaan laher asli dan palsu cukul sulit kita bedakan kalo kita awam dengan laher. Ditambah lagi banyaknya penjual nakal yang menjual laher palsu.



Laher koyo asli dan palsu



 Laher palsu banyak resiko  kalau kita menggunakan, pertama daya tahan sangat singkat dan mempunyai efek ketidak setabilan bagi putran yang ditimbulkan, menggunkan laher palsu dapat merugi dari segi biaya atau pun kendraan kita.
kendaraan baik mobil ataupun motor, alangkah baiknya jika menggunakan jenis yang asli. Hal ini tak lain disebabkan karena pada umumnya mampu bertahan cukup lama.
hal tersebut juga nantinya akan menghemat pengeluaran karena pada akhirnya bearing  yang tidak asli atau palsu pada umumnya akan mudah sekali mengalami kerusakan. Apalagi belakangan ini diketahui bahwa banyak beredar bearing palsu yang dipasarkan oleh supplier bearing di jakarta.
 Sumbernya tak lain didapat dari limbah atau laher-laher bekas dicuci kembali dan dikemas baru sehingga tidak nampak bahwa itu bearing/laher palsu melainkan terlihat seperti baru lagi. Bahkan kini bearing/laher palsu itu seperti di sengaja diproduksi kembali dan didaurulang.


 Bagi orang-orang yang sudah familiar dengan dunia per-otomotifan tentu bisa dengan mudahnya membedakan mana bearing/laher yang asli, dan mana bearing/laher yang palsu.


 Akan tetapi bagaimana bagi orang-orang yang tidak mengerti atau awam untuk mengenali hal semacam ini? tentulah akan sulit bagi mereka membedakannya. Untuk mengetahuinya, mari sebelumnya kita bahas terlebih dahulu definisi dan ciri-ciri dari bearing/laher  palsu agar tak mudah tertipu oleh supplier bearing.
Ciri-ciri Perbedaan Bearing/laher Koyo Asli dan Palsu : 





PT GS BATTERY - PERBEDAAN AKI NS40Z DAN NS40ZL

 AKI/BATTERY NS40 mempunyai dua jenis polihan NS40Z (36B20R) dan NS40ZL (36B20L) kedua aki ini terlihat sama, ukuran dan bentuk sama. Perbedaan aki NS40Z dengan NS40ZL terlerak di posisi kepala aki (+)(-).

Contoh NS40Z kepala aki (-) (+) sedangkan NS40ZL (+) (-) ini lah perbedan kedua aki ini.

 Apabila salah membeli resiko sangat besar, karna kabel aki tidak sampai atau pendek disebabkan oleh tataletak kepala aki sudah berbeda dengan aki bawaan pabrikan.

Sebelum kita membeli aki sebaiknya kita memperhatikan dulu ukuran dan jenis kendraan kita.



Diba otomotif


 Saya coba jelaskan ukuran aki tipe NS40Z dan NS40ZL untuk masing- masing mobil sebagai berikut :


NS40Z : Aki untuk mobil

  • Avanza

  • Xenia

  • Espass

  • Neo zebra

  • terios

  • grand max

  • luxio

  • feroza

  • aruna 2000

  • moven

  • t120ss

  • apv

  • futura

  • carry series

  • esteem

  • real van

  • vitara

  • etios valco

  • rush

  • starlet

  • calya



NS40ZL : Aki untuk Mobil

  • sirion
  • charade
  • new ceria
  • ceria
  • alya
  • sigra
  • brio
  • city
  • city all new
  • freed
  • jazz
  • jazz all new
  • mobilio
  • expander
  • t120ss mpi
  • aerio mt
  • ertiga
  • karimun estilo
  • wagon
  • spalsh
  • baleno
  • ignis
  • agya
  • corolla
  • corolla altis
  • corona series.


Perbedaan Aki Ns40Z dengan Ns40ZL : 




Info Part

DISTRIBUTOR RESMI BEARING DI INDONESIA - PEMBELIAN ECERAN DAN GLOSIR

   Ini merupakan salah satu perusahaan Authorized Distributor dari Bearing FAG, TIMKEN, ASB, FYH, V BELT BANDO, MITSUBOSHI, OPTIBE...

Otomotif Part